Selasa, 09 Agustus 2011

BAB LAA - MUNADA - MAF'UL MIN AJLIH - MAF'UL MA'AH - ISIM-ISIM MAHFUZHAAT

باب لاBab Laa (penafian)

إِعلم أن (( لا )) تنصب النكرات بغير تنوين إذا باشرت النكرة ولم تتكرر (( لا )) نحو : (( لا رجل في الدار )) .

Ketahuilah! Bahwa apabila laa (laa Nafiah, Laa penafian) bertemu langsung dengan isim nakirah maka laamenashabkan isim nakirah dengan tanpa tanwin dan laa tidak berulang-ulang. Contohnya:لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ(tidak ada seorang pria di dalam rumah)

فإن لم تباشرها وجب الرفع ووجب تكرار (( لا )) نحو : (( لا في الدار رجلٌ ولا امرأةٌ ))

Jika laa tidak bertemu langsung dengan nakirah maka laa wajib diulang-ulang.Contohnya :لَا فِي اَلدَّارِ رَجُلٌ وَلَا اِمْرَأَةٌ(Tidak ada seorang pria di dalam rumah, tidak pula wanita)

فإن تكررت جاز إعمالها وجاز إلغاؤها فإن شئت قلت : (( لا رجل في الدار ولا امرأةً ))

Jika laa berulang-ulang (juga bertemu langsung dengan nakirah), maka boleh mengamalkannya (menjadikan laa sebagai amil yang menashabkan) atau menyia-nyiakannya. Maka jika kamu suka, kamu katakan :لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةَ(Tidak ada seorang pria di dalam rumah, tidak pula wanita)

وإن شئت قلت : (( لا رجل في الدار ولا امرأةٌ )) .

Dan jika kamu suka, kamu katakan:لَا رَجُلٌ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةٌ”.(Tidak ada seorang pria di dalam rumah, tidak pula wanita)

باب المنادى

Bab Munada (Kata yang dipanggil)

المنادى خمسة أنواع : المفرد العلم والنكرة المقصودة والنكرة غير المقصودة والمضاف والتشبيه بالمضاف .

Munada itu ada lima, yaitu :1. المفرد اَلْعَلَمُ (nama-nama)2. النَّكِرَةُ اَلْمَقْصُودَةُ (nakirah yang termaksud)3. النَّكِرَةُ غَيْرُ اَلْمَقْصُودَةِ (nakirah yang tidak termaksud)4. الْمُضَافُ (Mudhaf)5. الشَّبِيهُ بِالْمُضَافِ (yang menyerupai mudhaf)

فإما المفرد العلم و النكرة المقصودة فيبنيان على الضم من غير تنوين نحو (( يا زيد )) و (( يا جل ))Adapun mufrad ‘alam dan nakirah maqsudah maka ia dimabnikan atas dhammah dengan tanpa tanwin contohnya:يَا زَيْدُ وَيَا رَجُل(wahai Zaid… , Wahai seorang pria…)

والثلاثة الباقية منصوبة لاغير .Dan tiga munada sisanya itu tidak lain dinashabkan.

باب المفعول من أجله

Bab Maf’ul min Ajlih

وهو الاسم المنصوب الذي يذكر بيانا لسبب وقوع الفعل

Maf’ul min ajlih termasuk isim yang dinashabkan yang disebut untuk menjelaskan sebab-sebab terjadinya suatu perbuatan

نحو قولك (( قام زيدٌ إجلالاً لعمروٍ )) و (( قصدتك ابتغاء معروفك )) .

Contohnya :قَامَ زَيْدٌ إِجْلَالًا لِعَمْرٍو وَقَصَدْتُكَ اِبْتِغَاءَ مَعْرُوفِكَ. (Zaid telah berdiri untuk memuliakan ‘Amr, Aku mendekatimu karena mengharapkan kebaikanmu)

باب المفعول معه

Bab Maf’ul Ma’ah

وهو : الاسم المنصوب الذي يذكر لبيان من فعل معه الفعل

Maf’ul ma’ah termasuk isim yang dinashabkan yang disebut untuk menjelaskan penyertaan seseorang atau sesuatu dalam suatu perbuatan.

نحو قولك : ((جاء الأمير والجيش )) و (( استوى الماء والخشبة )) .

Contohnya :جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ وَاِسْتَوَى اَلْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ (Seorang pemimpin telah datang bersama tentaranya, Air mengalir bersama kayu)

وأما خبر (( كان )) وأخواتها واسم (( إن )) وأخواتها فقد تقدم ذكرهما في المرفعات والتوابع ؛ فقد تقدمت هناك .

Adapun pembahasan tentang “khabar kaana” dan “saudara-saudara kaana” dan “isim inna” dan “saudara-saudara inna” maka sungguh telah diberikan penjelasannya pada bab isim-isim yang di-rafa’a-kan begitu juga dengan pembahasan kata pengikut yang di-nashab-kan (na’at, ‘athaf, taukid, badal) telah dijelaskan disana.

باب المخفوظات من الأسماء

Bab Isim-isim yang Di-khafadh-kan (dijarkan)

المخفوظات ثلاثة أنواع : مخفوض بالحرف ومخفوض بالإضافة وتابع للمخفوض .

Isim-isim yang dikhafadhkan itu ada tiga bagian :1. Dikhafadhkan dengan huruf khafadh2. Dikhafadhkan dengan idhafah3. Dikhafadhkan karena mengikuti yang sebelumnya

فأما المخفوض بالحرف فهو : ما يخفض بمن وإلى وعن وعلى وفي وربّ والباء والكاف واللام وحروف القسم

Adapun yang dijarkan dengan huruf khafadh yaitu apa-apa yang dijarkan dengan huruf:مِنْ(dari), إِلَى(ke), عَنْ (dari), عَلَى(di atas),فِي (di), رُبَّ (jarang), بِ (dengan), كَ (seperti), لِ (untuk) dan dengan huruf sumpahوهي : الواو والباء والتاءhuruf sumpah yaitu: اَلْوَاوُ, الْبَاءُ, التَّاءُِ (ketiganya bermakna sumpah: demi)أو بواو ربَّ وبمذْ ومنذُ .atau dengan: مُذْ, (sejak) وَمُنْذُ (sejak)

وأما ما يخفض بالإضافة، فنحو قولك: «غلامُ زيدٍ»

Adapun yang dijarkan dengan idhafah maka contohnya: غُلَامُ زَيْدٍ (pembantu Zaid)

وهو على قسمين: ما يُقَدَّرُ باللام، وما يُقَدرُ بمن؛

dan yang dijarkan dengan idhafah itu ada dua:1. yang di-taqdir-kan dengan lam dan 2. yang di-taqdir-kan dengan min.

فالذي يقدر باللام نحو «غلامُ زيدٍ»

Maka yang di-taqdir-kan dengan lam (bagi, kepunyaan) contohnya: غُلَامُ زَيْدٍ (pembantu (milik) Zaid)

والذي يقدرُ بِمِن، نحو «ثوبُ خَزٍّ» و «بابُ ساجٍ» و «خاتَمُ حديد» وما أشبه ذلك

Dan yang di-taqdir-kan dengan min (dari) contohnya: ثَوْبُ خَزٍّ (Baju (dari) sutera), بَابُ سَاجٍ (pintu (dari) kayu jati), خَاتَمُ حَدِيدٍ (Cincin (dari) besi). Dan contoh lain yang serupa.

تم بحمد الله

Telah tamat, Alhamdulillah…..

اللهم لا علم لنا الا ما علمتنا انك انت العليم الحكيم. اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما ينفعنا وزدنا علما. اللهم اجعل عملنا هذا خالصاً لوجهك الكريم، وتقبله منا إنك أنت السميع العليم واغفر لنا وللسامعين والمشاهدين إنك ولى ذلك والقادر عليه. وصلِّ اللهم وسلم وبارك على من أرسلته رحمة للعالمين نبينا محمد وعلى آله وصحابته أجمعين . ربنا تقبل منا ببركة الفاتحة.

(silahkan baca fatehah…)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar