Selasa, 09 Agustus 2011

MENGAPA HARUS BELAJAR NAHWU?

Tahukan anda, mengapa kita harus belajar Nahwu-Shorof? Tiada alasan bagi kita seorang muslim dari bangsa Indonesia yg asalnya tidak tahu apapun tentang ilmu nahwu dan kaidah-kaidah bahasa arab, kecuali kita harus memulai mempelajari ilmu ini, sebelum kita mempelajari ilmu-ilmu lain.

Dalam Nadzam Ajrumiyyah disebutkan

وَالنَّحْوُ أَوْلَى أَوَّلاً أَنْ يُعْلَمَا × إذِ الْكَلاَمُ دونَهُ لَنْ يُفْهَمَا

"Ilmu nahwu adalah yang lebih utama untuk dipelajari terlebih dahulu.. sebab kalam tanpa ilmu nahwu tak akan bisa dimengerti".

Ilmu nahwu sebagai ilmu alat atau wasilah perantara yang menentukan kefahaman terhadap Nash-nash wahyu Al-Qu'an, AL-Hadits, Atsar Shahabah dan Qaul Ulama'. Memang ilmu nahwu bukanlah dzat ilmu syari'ah, tapi ilmu nahwu merupakan wadahnya ilmu syariah itu sendiri.

Seorang pelajar tidak akan mungkin sampai pada penguasaaan ilmu syari'at dengan kefahaman yang shahih. Kecuali ia mempunyai bekal ilmu nahwu kaidah tata bahasa arab.

Terdapat dua fungsi utama kegunaan dalam penguasaan ilmu nahwu ini. Yang tentunya harus dimiliki oleh seoarang pelajar Islam.

> selamat dari kesalahan pengucapan, penulisan dan pembacaan.> mengerti secara shahih terhadap nash-nash Kalamullah dan Kalamunnas. Sehingga memungkinkan untuk mempelajari ilmu-ilmu syari'at dari ulumul Qu'ran, ulumul Hadits dan ulumul Fiqh. Seterusnya kita bisa mengajarkan ilmu kita kepada orang lain, baik ilmu nahwu atau ilmu-ilmu yg lain.

Seiring berjalannya waktu semoga kita selalu mendapat Taufiq serta HidayahNya. Amin.

Kami sebagai Adimin Grup ini. Mohon ma'af jika banyak kesalahan dan kekurangan. Mari perbanyaklah berdo'a dan bertaqwa kepada Allah agar kita diberi kemudahan oleh-Nya Subhanahu Wata'aala, telah berfirman:

يا أيها الذين آمنوا إن تتقوا الله يجعل لكم فرقانا ويكفر عنكم سيئاتكم ويغفر لكم والله ذو الفضل العظيم

Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS Al-Anfaal 29).

واتقوا الله ويعلمكم الله والله بكل شيء عليم

.. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS Al-Baqarah 282).

1 komentar: